Pilih Sekolah?

Menurut saya pilih sekolah itu sama dengan memilih masa depan, dimana kamu dididik ditempat itu dengan lingkungan yang baik dan reputasi yang baik pula. Sekolah bukan sekedar formalitas, tapi memang untuk mendapatkan ilmu, setidaknya ijazah sekolah yang didapatkan nanti akan tertulis di curriculum vitae, menunjukan track record seberapa berkualitas diri kamu sebenarnya untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Pilihlah sekolah Negeri yang unggulan, kenapa? Karena disana kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memang niat untuk belajar. Setidaknya berkumpul dengan orang yang pintar dapat menularkan pola pikir, dan mental dalam merespon sesuatu dengan cara orang-orang pintar dan ini awal dari kesuksesan. Ya mereka belum sukses dalam arti sebenarnya tapi mereka sudah sukses bisa masuk sekolah negeri dengan mengalahkan banyak pesaing yang ingin masuk sekolah negeri. Dan mental ini biasanya terbawa sampai dewasa.

Bersekolah di  sekolah negeri memang bukan jaminan bahwa kamu akan sukses nantinya, tapi rata-rata dari tahun ke tahun sekolah itu meluluskan orang-orang sukses dan melahirkan mental yang mumpuni untuk menghadapi masa depan. Pilihlah sekolah yang track recordnya baik, lihatlah orang-orang yang lulus dari sekolah itu, jika alumnusnya banyak diterima di sekolah lanjutan unggulan, atau tempat kerja yang baik. Itu bisa jadi bahan pertimbangan untuk dipilih.

Sekolah swasta yang saya lihat banyak juga yang memperlihatkan kebaikan-kebaikan sekolah di brosur, tapi percaya itu semua hanya teknik marketing, jangan langsung percaya brosur, atau apa kata pihak sekolah. Orang bisa berjanji, bisa saja brosur itu hanya impian sekolah untuk beberapa tahun kedepan, dan gambar-gambar yang ada di brosur hanyalah copy paste dari google. Setidaknya jika kamu melihat secara langsung kesesuaian brosur dan fakta lapangan maka kamu akan bisa menilai sendiri kebenarannya.

Sekolah swasta ada yang bagus ada yang tidak bagus. Rata-rata orientasi sekolah swasta yang "tidak bagus" itu lebih besar ke arah bisnis, bukan idealisme ilmu, maaf tapi ini hanya pendapat, karena banyak yang kecewa setelah masuk, fasilitas tidak lengkap tapi biaya yang dipungut tinggi, guru banyak yang berganti-ganti karena tidak betah, disiplin di sekolah yang tidak baik, banyak anak-anak yang tidak dididik semestinya sehingga mental buruk lah yang terbentuk di sekolah ini disamping memang siswa-siswa sekolah swasta memang tidak sebaik dan sepintar siswa sekolah negeri.

Rata-rata siswa yang masuk sekolah swasta ini tidak lulus test masuk sekolah negeri. Sekolah ini giat menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah calon siswa dulu, saat mereka tidak lulus masuk sekolah negeri, kesanalah mereka mendaftar sekolah karena mau kemana lagi, dan disinilah banyak sekolah swasta berebut konsumen dengan meninggi-ninggikan sekolah dari fakta yang sebenarnya di brosur.

Setelah mereka bersekolah di sekolah ini banyak yang merasa dimanfaatkan, lebih banyak uang yang diambil dibandingkan fasilitas yang dulu ditawarkan. Bahkan fasilitas tidak ada sama sekali, banyak yang belajar tanpa fasilitas.

Ada juga sekolah swasta yang bagus. Dari segi fasilitas lengkap, pengajar dari luar negeri, bahasa International, tapi jenis swasta ini memang pilihan dari awal calon siswa. Sekolah ini memang sudah terkenal prestasinya sejak dulu. Sekolah swasta jenis ini memang biayanya tinggi, karena kualitas dan harga selalu berjalan beriringan. Kebanyakan sekolah swasta ini berbau "agama" atau "ras". Dan sekolah ini tidak lagi memberikan brosur secara membabi buta kesana kemari seakan mereka butuh anak untuk di didik, atau mungkin lebih tepatnya lebih banyak siswa maka lebih banyak uang. 

Oleh karena itu menurut saya yang orang biasa, atmosfir sekolah yang baik adalah sekolah negeri. Pengalaman tidak bisa diilustrasikan lewat brosur, tidak perlu ada brosur karena bukti sudah ada. Memang bukan jaminan sekali lagi tiap orang akan sukses bersekolah di sekolah negeri, tapi peluang masa depan cerah lebih besar disana. Pengajarnya berpengalaman dari tahun ke tahun karena mereka PNS digaji tetap fokus untuk mengajar, fasilitas pasti standar, lingkungan bagus karena sekolah ini di area strategis sejak dulu dan lokasinya besar, reputasi di masyarakat bagus, ini hanya terjadi di sekolah unggulan yang masuknya pun bersaing, karena jumlah kursi dan kelas terbatas. Bukan sekolah swasta yang kelasnya diada-adakan mengikuti jumlah siswa, tanpa memperhatikan standar yang ada.

Bukan hanya materi yang perlu dipersiapkan untuk bisa bersekolah di sekolah yang bagus, tapi perlu kepintaran. Dan ini harus dipersiapkan sedini mungkin. Karena persaingan semakin lama semakin berat. Tapi hasil tidak akan mengecewakan. Sekali lagi ini pendapat, boleh pembaca percaya atau tidak, tapi setidaknya tulisan ini memberikan saran pemikiran untuk mengambil keputusan memilih sekolah.