Hati-hati saat curhat masalah rumah tangga!

Manusia memang makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari manusia lainnya. Dalam menghadapi persoalan, banyak seseorang yang menceritakan pada temannya. Hal ini tidak salah, tapi sebaiknya sebelum menceritakan masalah rumah tangga.

1. Tidak akan pernah mandiri
Jika Anda kerap mencari solusi dengan bertanya pada orang lain terus-menerus membuat Anda tidak mandiri. Terlebih jika masalah tersebut sebenarnya bisa Anda selesaikan sendiri yang sifatnya sepele. Anda akan ketergantungan pada orang lain dan tidak bisa menyelesaikan masalah sendiri.

2. Pasangan akan merasa dikhianati
Masalah rumah tangga sebaiknya dibicarakan dulu bersama pasangan. Sering bercerita pada orang lain daripada dengan pasangan, tandanya Anda tidak percaya pada pasangan. Ia merasa tidak bisa diandalkan.


3. Masalah kecil bisa jadi besar
Terkadang seseorang yang diajak curhat malah sering mengompor-ngompori kita sehingga masalah bukannya jadi cepat selesai tapi menjadi lebih pelik.

4. Pendapat tidak objektif
Terkadang suatu permasalahan timbul akibat kesalahan pasangan, tapi saat Anda curhat, teman malah menyalahkan Anda. Tiap orang memiliki pandangan sendiri terhadap suatu permasalahan, jadi jangan kaget jika ada suatu pendapat yang tidak objektif.

5. Bisa mendapat saran yang buruk
Jika Anda curhat pada orang yang salah Anda bisa mendapat saran yang buruk sehingga makin memperkeruh masalah.

6. Bisa merubah pandangan soal pasangan
Saran-saran yang didapat dari orang lain kadang bisa membuat Anda berubah pikiran soal pasangan. Bisa lebih baik atau lebih buruk.

7. Membuka aib
Berhati-hati dalam menceritakan masalah rumah tangga! Anda harus bisa membedakan mana yang masih bisa dibagi dan mana yang menjadi rahasia pribadi.

Jangan sampai masalah pribadi Anda menjadi bahan gunjingan orang lain karena keseringan cerita pada banyak teman.

sumber