ERGONOMI : FatiGue / Kelelahan

Gabungan kondisi kesehatan yang kurang baik dan kebiasaan yang kurang baik dapat mudah menimbulkan fatigue/kelehan. Dimana seseorang merasa sangat lelah secara fisik dan mental. Kelelahan dapat berdampak hilangnya kesigapan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara baik dan aman, hal itu dikarenakan kualitas tidur yang kurang baik atau melakukan aktivitas kerja pada saat alamiah waktunya tidur.

Adapun dampak-dampak fatigue/kelelahan:
  1. Berkurangnya kemampuan beraktivitas dan berkomunikasi dengan baik.
  2. Tidak mampu melakukan pekerjaan dengan aman dan efisien
  3. Konsentrasi menurun dan juga produktivitas kerja
  4. Fisik maupun mental sulit untuk bekerja

Hal-hal yang mendukung pencegahan fatigue/kelelahan agar badan bugar dan pikiran sehat :
1.Istirahat yang berkualitas.
Istirahat berhubungan dengan tempat tinggal, aktivitas dan lingkungan. Tidur malam adalah salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan pikiran dan badan. Tidur malam adalah waktu terbaik untuk proses detoksifikasi pada metabolisme tubuh. Pastikan anda selalu merasa nyaman untuk tidur malam anda, dengan suasana kamar yang sejuk, tenang (tidak berisik), dan bersih. Tidurlah dengan nyenyak tanpa pikiran selama 7-8 jam.

2.Tempat tinggal yang nyaman, tenang, dan bersih.
Pengaruh dari hal ini akan sangat mengganggu kinerja otak dan faktor psikologis. Pilihlah baik-baik lingkungan yang tenang, nyaman, dan bersih sebelum anda salah menentukan tempat tinggal yang tepat.

3.Makan makanan yang sehat.
Pola makan anda akan sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Terlebih lagi makanan yang anda makan akan sangat berpengaruh terhadap “bentuk fisik” dari setiap manusia. Kalau anda mau terlihat segar, makanlah makanan yang segar-segar seperti sayur sop, sayur bayam, ayam rebus, tahu kukus, buah-buah segar, dll. Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet. makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang di goreng.

4.Olahraga secara teratur.
Hal yang satu ini penting namun kadang dilalaikan. Ketika kita malas atau lelah berolahraga dapat mengendurkan otot-otot tubuh sehingga tubuh akan terasa tidak bertenaga atau lesu. Ingatlah untuk selalu buat jadwal yang baik untuk berolahraga, misal 2-3 kali dalam seminggu atau setiap pagi atau sore hari jika anda memiliki waktu yang cukup. Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari dan sepanjang minggu.

5.Manajemen pikiran / pola pikir.

Setiap hidup atau setiap profesi memiliki beban dan tantangan yang kompleks, setiap orang pasti diperhadapkan dengan masalah. Pikiran anda harus “back to nature”, maksudnya pikirkanlah apa yang harus anda lakukan untuk diri anda saat ini. Seperti perbaiki pola makan, pola tidur, pola akrifitas, rekreasi, dsb. Memikirkan permasalahan sekitar dan mengaitkannya ke dalam diri anda dapat menjadi penambah beban. Oleh karena itu jangan campur adukkan pikiran anda dengan orang lain. Hal yang paling penting adalah membuat perencanaan untuk masa depan anda. Dan satu lagi yang harus anda selalu ingat, selalu sediakan waktu anda dengan Tuhan dan “berkomunikasilah” denganNya secara teratur. (red: fhutasoit)

http://shefocus.wordpress.com/kesehatan-kerja/