SOP Pemberian Obat



Cara Pemberian Obat. -- Melanjutkan posttingan terakhir sahabat dalam Blog Keperawatan ini yaitu tentang rencana asuhan keperawatan maka hari ini kita akan berbagi hal mengenai pemberian obat.Postingan kita ini berkaitan erat dalam pekerjaan seorang perawat dan senantiasa melekat dalam diri seorang perawat karena cara pemberian obat ini adalah satu dari sekian pekerjaan perawat sahabat.

Pemberian obat yang tepat dan sesuai dengan dosis adalah merupakan salah satu tanggung jawab penting bagi seorang perawat. Meskipun obat bermanfaat bila digunakan sesuai dengan dosis serta aturan pakai, namun bukan berarti tanpa reaksi yang dapat merugikan. Sebagai seorang perawat kita juga harus bisa mengetahui prinsip-prinsip dasar dalam pemberian obat secara aman yang dikenal dengan prinsip enam benar.

Cara Pemberian obat ini adalah ada beberapa macam dan biasanya dilaksanakan dalam unit pelayanan kesehatan baik itu di Puskesmas, Klinik, ataupun dalam lingkup pelayanan Rumah Sakit.Dan berikut adalah beberapa cara pemberian obat sesuai dengan pendelegasian dari Medis yaitu :
1.   Oral
2.   Sublingual
3.   Inhalasi
4.   Rektal
5.   Pervaginam
6.   Perenteral
7.   Topikal/lokal

1. Secara Oral
Adalah obat yang cara pemberiannya melalui oral atau mulut. Untuk cara pemberian obat ini relatif praktis,aman dan juga ekonomis. Kekurangan dari pemberian obat secara oral adalah efek yang timbul biasanya lambat, tidak efektif jika pasien sering muntah-muntah, diare, tidak sabaran, tidak kooperatif,dan tentunya kurang disukai jika rasanya pahit.Apalagi jika pasiennya adalah anak kecil.