Persiapan Pra-nikah: Imunisasi TT

Apa itu imunisasi TT?
Siapa yang diimunisasi?
Apa tujuannya?
Berapa kali pelaksanaannya? 
Kapan waktu yang tepat untuk imunisasi?
Dimana bisa melakukan imunisasi?

Setelah mengumpulkan informasi dari beberapa sumber, berikut penjelasannya...

Imunisasi TT (=Tetanus Toksoid) merupakan proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanusImunisasi dengan vaksin TT ini diberikan 2 (dua) kali kepada wanita usia subur (calon pengantin) dan kepada ibu hamil. Jarak waktu antara pemberian TT ke I dan TT ke II paling sedikit 4 minggu. Jadi kalau saya imunisasi hari ini (24 Agustus 2013), nanti saya bisa melakukan imunisasi TT ke II paling tidak tanggal 24 September 2013, atau bisa lebih lama. Imunisasi TT ini dapat dilakukan di puskesmas atau di bidan praktik yang ditunjuk.

Imunisasi TT sebaiknya dilakukan +- sebulan sebelum pernikahan  agar ketika bunda hamil lalu melahirkan dapat terhindar dari penyakit tetanus. Menurut sumber yang saya baca, pada saat melahirkan, kondisi tempat dan alat untuk proses persalinan belum tentu 100% bersih dan steril. Pada proses persalinan yang kurang bersih tersebut, bayi yang baru lahir sangat rentan terinfeksi tetanus, yaitu saat pemutusan tali pusat (biasa disebut tetanus neonatorum). Tetanus tersebut akan membahayakan keselamatan bunda dan bayinya. 

Imunisasi TT selain diberikan kepada wanita usia subur sebelum menikah, juga diberikan kepada bunda yang sedang hamil ketika trimester pertama. Kemudian dilanjutkan imunisasi TT yang kedua 4 minggu setelah imunisasi TT ke I. Akan lebih baik jika imunisasi TT diberikan minimal 2 minggu sebelum persalinan.
Jika kita ingat-ingat pernah diimunisasi TT ketika masih SD, berikut prosedur untuk menentukan status imunisasi TT-nya:

"Untuk WUS (wanita usia subur)  yang lahir pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1993 dan ingat jika pada saat sekolah SD dilakukan imunisasi, maka status imunisasinya :
  1. TT I adalah waktu imunisasi di klas I SD;
  2. TT II adalah waktu imunisasi di klas II SD;
  3. TT III adalah waktu imunisasi calon pengantin (caten) ;
  4. TT IV adalah waktu imunisasi pertama pada saat hamil; dan
  5. TT V adalah waktu imunisasi kedua pada saat hamil.
WUS yang lahir pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1993 namun tidak ingat pada waktu sekolah SD dilakukan imunisasi, maka status imunisasinya :
  1. TT I adalah waktu imunisasi caten pertama;
  2. TT II adalah satu bulan setelah TT I;
  3. TT III adalah waktu imunisasi pertama pada saat hamil; dan
  4. TT IV adalah waktu imunisasi kedua pada saat hamil." (informasi detail disini)
Semoga informasi di atas bermanfaat buat pasangan-pasangan muda yang sedang sibuk mempersiapkan pernikahan. =)

*deskripsi tentang vaksin TT dapat dibaca disini

Sumber: